Headlines News :
Home » » Tegakkan dan proses hukum tindakan intimidasi kepada wartawan"Kawal"

Tegakkan dan proses hukum tindakan intimidasi kepada wartawan"Kawal"

Written By jariliar on Sunday, November 15, 2015 | 4:18 AM

Bersatulah wahai seluruh Insan Pers...Jangan biarkan kekerasan terhadap Wartawan selalu terjadi..Proses dan kawal selalu kasus yang menjerat para pelaku kekerasan terhadap wartawan dimana pun berada...Pers adalah mata dunia bagi seluruh rakyat, yang menerjang segala situasi demi mendapat informasi luas kepada masyarakat...Pers adalah Mata sejuta mata bagi Publik...Publiklah pengayom kuat dan pendukung Insan pers...Mari jaga kekompakan dan selalu mengedepankan Integritas,lawan semua intimidasi dan selalu maju demi kebenaran dan keakuratan berita...

================================================link

Kabag Humas Polres Merauke Intimidasi dan Menghalangi Jurnalis

Kabag-Humas-Polres-Merauke-Intimidasi-dan-Menghalangi-Jurnalis
Merauke Papua Tabloid Bongkar.com-Sangat disayangkan di era demokrasi sekarang ini,ternyata banyak aparat dari kepolisian belum mengerti dan memahami UU Nomor 40 tahun 1999 tentang kebebasan pers di Republik ini.Padahal jurnalis tugas dan fungsinya untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi yang sudah diatur dalam undang-undang.
Wartawan dalam melaksanakan profesinya mendapat perlindungan hukum agar terhindar dari ancaman atau penganiayaan hingga perusakan terhadap aset pribadi wartawan pada saat melaksanakan peliputan agar tidak mendapat hambatan juga gangguan.
Sanksi sangat jelas, bagi siapa saja yang melanggar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, menghambat atau menghalangi kegiatan jurnalistik, akan dipidana selama dua tahun kurungan penjara, atau denda sebesar Rp  500 juta.
Perilaku ini dilakukan Ricard Nainggolan selaku Kabag Humas Polres Merauke,melihat dingin dan nampak tidak bersahabat terhadap wartawan asal Papua setiap dikonfirmasi.Bahkan Ricart sering berucap dengan cara mengintimidasi terhadap sang kuli tinta itu seraya menghina bila wartawan abal-abal,dan wartawan illegal.
Kelakuan Ricart ini bukan pertama kali terjadi,tapi berulang kali memperlakukan terhadap wartawan-wartawan asli Papua.Oknum Polisi yang memiliki kedudukan sebagai Kabag humas itu disamping belum memahami UU Pers dan kini menjadi perhatian serius dan menarik di kalangan para Jurnalis Nasional.
Mendapat perlakuan kasar dan intimidasi dan hinaan dari Kabag Humas Polres Merauke,RBS selaku Korlip media ini di Merauke angkat bicara.Selaku penyelenggara Negara apalagi ujung tombak penegakan hukum di Indonesia Ricart Nainggolan tidak layak sebagai seorang pengayom,pelindung terlebih punya kedudukan lumayan yaitu sebagai kabag humas di Polres Merauke,”Papar Bob panggilan akrabnya.
Lebih lanjut kata Bob,Kejadian tersebut dilakukan Ricart di kantor polres saat akan menjumpai AKBP Sri Styatama SIK Kapolres Merauke konfirmasi pembunuhan terhadap pemuda asal Mappi yang diduga kuat pelakunya anggota dari Polres Merauke. Seharusnya membantu kinerja tugas wartawan justru malah melakukan intimidasi dan penghinaan,”Tambahnya.
Sebagai seorang pejabat publik sebagai apalagi Kabag Humas, seharusnya bisa memberikan contoh sebagai pejabat yang menjunjung tinggi supremasi hukum dan undang-undang untuk transparansi informasi publik sehinnga UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang kebebasan pers dapat berjalan dengan efektif justru malah bersikap seperti Koboy.
Bob menjelaskan bahwa,kami sudah berulang kali bersikap sopan,dan taat hukum baik mengantarkan surat pemberitahuan dari pihak redaksi untuk bermitra,namun lagi-lagi Ricart tidak bersahabat sama kami dan teman-teman wartawan ali dari Papua.Untuk itu bila hal ini berulang lagi kami sepakat bersama-sama teman lainnya persoalan ini akan kami laporkan pada Kapolda Papua atas perilaku oknom polisi Polres Merauke bernama Ricart tersebut bila perlu kita akan menghadap langsung ke Mabes Polri di Jakarta melaporkan persoalan ini,”Pungkasnya.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

INFO MOBIL TERBARU 2023 KLIK

KiosTOP

KiosTOP
VOUCHER FREE

Aplikasi TOP

Aplikasi TOP
Tips Trick

KiosTop

KiosTop
Online Shop

Cek Resi Pengiriman

BATU MULIA LANGKA

BATU MULIA LANGKA
Klik gambar : Mudah,Aman,Terpercaya

Ramalan Cuaca


counter

Iklan FB

Mau Jadi Admin ATM...???

Mau Jadi Admin ATM...???
Klik Gambar..Kereeen..
RAHASIA 100% GRATIS>>Salam Sukses

Translate

Wikipedia

Search results



Enter a long URL to make tiny:



 
Support : Promo Free | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JARI LIAR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Petualang Online
Proudly powered by Blogger