Headlines News :
Home » » Oknum polantas rampas KTA Wartawan saat menjalankan tugas

Oknum polantas rampas KTA Wartawan saat menjalankan tugas

Written By jariliar on Tuesday, October 27, 2015 | 7:56 PM

Wartawan adalah mata sejuta warna Publik, semua Informasi luas berawal dari kinerja Insan Pers...
Dilain cerita masih banyak oknum-oknum yang tidak punya pendidikkan melanggar kewenangan dan kebebasan Pers dalam menelisik sebuah informasi...Untuk semua Insan Pers selalu jaga Integritas dan terjang semua tindakkan semena-mena, arogansi kewenanganmu....Salam Pers Dunia...
==============================================link

Arogan, Oknum Polantas Jakarta Barat Rampas KTA Wartawan

 

pers 2
STOP KEKERASAN TERHADAP WARTAWAN
FAKTAPERS.COM, Jakarta.
   Sikap tidak bersahabat dan arogan kembali diperlihatkan oleh salah satu oknum anggota Kepolisian Republik Indonesia kepada pencari berita. Kejadian memalukan itu seharusnya tidak terjadi, karena selama ini polisi dan wartawan adalah sebagai mitra yang baik dan selalu bekerjasama dilapangan maupun di instansi kepolisian.
   Kejadian yang terjadi Sabtu siang 24/10/2015 pukul 11.15 WIB diawali saat Wilianto, seorang wartawan Tabloid Fakta Aktual dan faktapers.com melintas di Jalan Outer Road, Cengakareng, Jakarta Barat untuk menjalankan tugas seperti biasa. Kebetulan pada saat bersamaan Unit Lantas Polsek Cengkareng bersama gabungan dari Unit Lantas Polres Jakarta Barat sedang menggelar razia di samping flyover pintu air Cengkareng, Jakarta Barat
   Razia yang digelar sekitar 20 orang anggota kepolisian dan di duga tidak sesuai prosedur itu mengundang perhatian wartawan kami untuk meliput. Kemudian pada saat melintas di kerumunan anggota polisi, Wilianto yang sudah menyapa salah satu anggota dan meminta ijin untuk liputan kemudian berusaha mencari tempat untuk memarkir sepeda motornya, tetapi pada saat melintas justru diteriaki salah satu oknum anggota polantas yang diketahui bernama Brigadir Rangkuti yang pada saat itu juga berada dilokasi razia dengan kata-kata yang tidak pantas.
   Tidak terima dengan teriakan Brigadir Rangkuti kemudian Wilianto mendatangi oknum polisi tersebut untuk memotretnya. Akhirnya cekcok mulut dan perdebatanpun tidak dapat dihindarkan. Brigadir Rangkuti yang tersinggung dengan pengambilan gambar dirinya, langsung memaki-maki Wilianto dengan kata-kata bernada menantang dan kemudian merampas kartu tanda anggota (KTA) Wilianto yang tidak lain adalah wartawan Unit Polda Metro Jaya yang sebenarnya akan di pindah tugaskan oleh redaksi di Unit Mabes Polri mengantikan posisi wartawan sebelumnya.
   Menanggapi kejadian yang menimpa wartawannya, staff ahli hukum Media Fakta, Awi Felix Samudra menegaskan bahwa perlakuan oknum polisi tersebut telah melanggar pasal 4 Undang-undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers, khususnya ayat 2 dan ayat 3 yang intinya, terhadap Pers tidak dikenakan Pelarangan Penyiaran, dan Pers memiliki hak mencari, memperoleh dan menyebar luaskan gagasan dan informasi. Perbuatan pelarangan apalagi dengan perampasan alat tugas wartawan tersebut jelas tindakan melanggar hukum sesuai Undang-undang No 40 Tahun 1999 Tentang Pers, pasal 18 itu, yang diancam hukuman pidana 2 (dua) tahun dan denda maksimal 500 Juta Rupiah. Jelas Awi.
   Untuk itu pihaknya akan menempuh jalur hukum dengan berkoordinasi dengan organisasi kewartawanan yang menaungi wartawan Media Fakta Aktual yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) agar dapat memperoleh keadilan dan hak hukum untuk wartawan. Kemudian pihaknya juga akan menggelar rapat dengan tim advokasi wartawan Media Fakta Aktual guna menyusun langkah-langkah hukum yang akan dilakukan sesuai Undang-undang yang berlaku di Indonesia.
(Sormsel M / Maikhel)FP
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

INFO MOBIL TERBARU 2023 KLIK

KiosTOP

KiosTOP
VOUCHER FREE

Aplikasi TOP

Aplikasi TOP
Tips Trick

KiosTop

KiosTop
Online Shop

Cek Resi Pengiriman

BATU MULIA LANGKA

BATU MULIA LANGKA
Klik gambar : Mudah,Aman,Terpercaya

Ramalan Cuaca


counter

Iklan FB

Mau Jadi Admin ATM...???

Mau Jadi Admin ATM...???
Klik Gambar..Kereeen..
RAHASIA 100% GRATIS>>Salam Sukses

Translate

Wikipedia

Search results



Enter a long URL to make tiny:



 
Support : Promo Free | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JARI LIAR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Petualang Online
Proudly powered by Blogger