Informasi Luar biasa dari pecinta & penggemar Kuda Besi Si Thunder
Dibalik sisi lain harga murah, menyimpan nilai yang mahal...
===========================
RAHASIA THUNDER 125
Hello brothers Thunder ! disini kamu dapat menambah wawasan seputar motor tercinta Suzuki Thunder.Semoga kehadiran blog ini dapat memberi manfaat bagi kita semua.Untuk semua saran,pertanyaan maupun kritik dapat langsung ditulis dah biar rame ,yang penting sopan dan tidak berbau sara sara an.Pokoknya murni tentang motor thunder.
So…bagi
brothers yang berdomisili seputar Samarinda,Balikpapan,Tenggarong
,Bontang maupun Sangatta dan sekitarnya yang ingin konsultasi atau
ingin meningkatkan kemampuan motornya lebih oke lagi dapat langsung ke IRTS ( Istana Republik Thunder Sementara ) di :
Jl. Tanjung Jone Blok L /11 Perum Yuka Rt.24 Mangkupalas -Kel.Masjid Samarinda Seberang -Kalimantan Timur
Namun bagi diluar wilayah tersebut yah terpaksa diblog ini aja atau keemail :
mrblank@live.com
mohon kiranya untuk dapat memberikan comment pada tulisan ini agar kami dapat lebih meningkatkan eksperiment eksperiment pada motor ini guna kebaikan dan kemajuan kita semua.
RAHASIA THUNDER 125
( BIG SECRET OF EN 125 / GZ 125 / DR 125 / GN 125 / GS 125 )
Sekilas kata dari Mr.Blank
Pertama kami
ucapkan bersedihlah bagi para brother thunder yang telah menjual
motornya dan mengganti dengan merek lain atau produk lain yang sama
kelas atau sedikit lebih diatas dari Thunder.Kedua kami ucapkan selamat
kepada para brother yang masih setia dengan Thunder 125.Kenapa ? sebab
pada tulisan berikutnya nanti kami akan ajak semuanya untuk lebih
mengenal Suzuki Thunder 125 secara seksama agar dapat kita lihat
seberapa hebatnya potensi maupun kemampuan dari motor ini
sesungguhnya.ga percaya ? simak aja ulasannya.
Sekilas tentang produk fenomenal SUZUKI.
Siapa
yang tidak kenal dengan Produsen kelas dunia yang satu ini, Selain
sering menjuarai berbagai kejuaraan balap tingkat lokal maupun dunia ,
produsen ini juga sering mengeluarkan produk – produk fenomenal yang
membuat produsen lain jadi iri dan berniat menyainginya.
Sebut
saja Suzuki HAYABUSA yang selama bertahun tahun menyandang predikat
sebagai motor tercepat didunia sehingga terkadang sering digunakan dalam
pemecahan rekor dari para biker-biker maupun uji coba bagi kendaraan
roda dua maupun roda empat untuk mengukur level dari kendaraan tersebut.
SUZUKI HAYABUSA – Motor tercepat didunia yang mampu berlari dikecepatan 634.08 km /jam.
Hadir
dengan menggunakan nama burung yang dikenal dijepang dengan nama
hayabusa ,monster ini bagaikan raja diraja bagi kendaraan bermotor roda
dua.Dengan tampilan yang tidak biasa namun dengan kecepatan yang
mengerikan,produk ini laris manis dipasar – pasar motor dunia.Bicara
mengenai rekor dunia dalam kecepatan monster ini benar benar sangat
fantastis, hingga saat ini rekor duniapun seolah memang seperti
ditakdirkan milik simonster ini.
Lalu
selain dari silegendaris hayabusa,Suzuki juga mengeluarkan B KING yang
terkenal dengan paduan kecepatan dan kenyamanannya dimana produk ini
sempat dilarang dieropa dikarenakan dengan tingkat kenyamanannya yang
tinggi dikhawatirkan para pengendara masih akan merasa santai meski
telah berada pada kecepatan 250 Km / Jam hingga dapat terjadinya
kecelakaan.
Suzuki B KING –Paduan kecepatan & kenyamanan dengan berbekal mesin HAYABUSA 1300 cc.
“
B ” disini dapat menyiratkan “ BE “ dari “ TO BE “ yang berarti “
menjadi “ raja ( KING ) dan “ BK “ yang menyiratkan “ BIKE “ yang
berarti sepeda motor, juga “ B “ yang berarti “ BIG “ ( Besar ).Jadi B
KING dapat diartikan sebagai raja besar atau Rajanya sepeda motor.Wajar
saja kalau Suzuki pede atau percaya diri menggunakan nama seperti itu
karena dengan menggunakan mesin silegendaris hayabusa tak ada keraguan
bagi para bikers untuk tidak mengakui hal tersebut.
Kemudian dibarisan motor Sport sendiri ada GSX 1000 R yang sering digunakan dalam kompetisi kelas dunia seperti Super bike maupun Endurance.
Kemudian dibarisan motor Sport sendiri ada GSX 1000 R yang sering digunakan dalam kompetisi kelas dunia seperti Super bike maupun Endurance.
Selain
dari sering menjuarai event – event skala international motor ini juga
sering masuk dalam TOP FIVE maupun TOP TEN motor –motor tercepat
dunia.Tak heran jika motor ini menjadi salah satu motor yang paling
mengancam diarena balap.
Selain dari GSX 1000 ,ada juga GSX 750 .Motor inipun tidak kalah hebatnya dengan motor – motor Suzuki yang lain.Kehebatan motor ini terletak pada power dan speed yang tidak kalah meski dengan kelas cc yang lebih besar.Bahkan demikian luar biasanya motor ini hingga beberapa kali sering masuk dalam katagori 10 motor tercepat dunia yang menandingi rival – rivalnya yang ber cc 1000 keatas.
Kemudian
untuk kendaraan roda 4 sendiri siapa yang tidak kenal dengan SUZUKI
ESCUDO PIKES PIKE ? Monster yang satu ini benar – benar mampu membuat
terpukau para pereli – pereli dunia.Demikian luar biasanya mobil ini
hingga dipermainan game simulasi seperti GRAN TOURISMO dinobatkan para
gamer sebagai monsternya mobil.
Namun
bukan Cuma didunia game saja pengakuan akan keperkasaan Monster ini
namun juga didunia nyata.Dengan hanya berbekal mesin enam silinder
berkonvigurasi V Twin, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hampir 1000
HP,itulah sebabnya tak heran bila dia dikatakan monsternya mobil dan
menyandang predikat mobil rally terbaik sepanjang masa.
Okay ! Setelah
kita mengulas serba sedikit dari produk – produk fenomenal dari Suzuki
maka selanjutnya kita beralih keproduk Suzuki yang lain bernama
Thunder 125. Jujur saja,.. bila dibandingkan dengan para suhu – suhunya
diatas,maka thunder 125 memang tidak ada apa – apanya.Dari segi fisik ,
mesin ,kecepatan maupun prestasi ,thunder 125 ibarat penonton ditengah
balapan.Namun meski demikian bukan berarti Thunder 125 tidak memiliki
keistimewaan maupun prestasi yang bisa dibanggakan.Dari pengamatan yang
saya lakukan dalam beberapa waktu Ternyata thunder 125 memiliki
keistimewaan dan prestasi yang tidak bisa dianggap enteng bahkan bisa
dikatakan luar biasa.Coba lihat saja jumlah komunitas Thunder 125
,angkanya benar –benar mengesankan.Setahu saya belum pernah ada
komunitas motor yang memiliki angka sebesar itu dan angka tersebutpun
itupun baru dalam negeri sendiri ( Indonesia ),belum diluar negeri
.Perlu diketahui bahwa thunder 125 dipasarkan bukan hanya diIndonesia
saja melainkan keseluruh penjuru dunia.Anda bisa bayangkan bila para
pengguna thunder atau EN 125 semuanya berkumpul ? Wah bisa Geger dunia.
Selain
unggul dengan komunitas yang meraksasa,thunderpun memiliki kelebihan –
kelebihan lain yang akan saya jelaskan dalam uraian berikut.
Rahasia 1.
Satu jiwa 3 raga
Sejak
peluncurannya pertama kali diindonesia sekitar tahun 2004 suzuki
thunder 125 telah berhasil merebut hati para bikers dengan harga yang
relative murah dan dengan design yang macho.Motor ini bisa jadi
merupakan penawar dahaga bagi para bikers yang merindukan motor lelaki
yang selama ini dikenal dengan harga yang cukup tinggi .selain dari itu
kunci kesuksesan dari motor ini tentu saja tak lepas dari nama besar
Suzuki sendiri yang sering mengeluarkan produk – produk canggih ,cepat
,irit serta awet hingga puluhan tahun.
Selain
diIndonesia , Thunder 125 juga telah diproduksi dan dipasarkan
keseluruh dunia baik itu diasia maupun dieropa.Namun dengan pertimbangan
pasar dan lain sebagainya maka terdapat beberapa perbedaan nama maupun
spesifikasi yang disesuaikan dengan pasar yang dituju.Contohnya Suzuki
Thunder 125 yang kita kenal diindonesia, diinggris dinamakan Suzuki EN
125 ,diBrazil , Uruguay,Colombia dan dibeberapa Negara lainnya bernama
Suzuki YES ,lalu dihongkong dikenal dengan nama SUZUKI EN 125 dan
masih banyak lagi .
Thunder versi Inggris
Thunder versi China
Thunder versi Brazil ,Uruguay,Colombia,Rusia,Philipina,Chili dll
Namun dari semua versi diatas ada design maupun model yang benar – benar berbeda dari yang biasa kita ketahui namun tetap bermesin yang sama. Model – model tersebut memang sengaja diciptakan oleh pihak Suzuki yang tentunya kembali lagi pada minat ,kebutuhan dan daya beli para bikers.Sebut saja Suzuki DRZ 125 dan DRZ 125 L,dimana produk ini memiliki design khas Trail atau Dirt Bike.Bila kita melihat sekilas maka kita tak akan pernah menyangka bahwa motor yang satu ini juga memakai mesin yang sama dengan Thunder 125 yang beredar diindonesia maupun dibeberapa Negara lain.perbedaan yang paling mencolok antara motor ini dengan thunder 125 hanya pada :
1.Bermodel DIRT BIKE dengan suspensi belakang Monoshock sedang Thunder 125 bermodel sporty dual shock.
2.Memiliki
type rangka yang sama dengan thunder 125 namun hanya sedikit berbeda
dibagian belakang.dimana thunder 125 sedikit lebih naik keatas sedang
DRZ 125 tampak lurus kebelakang.
3.Menggunakan karburator MIKUNI VM20SS maupun KEIHIN 22 sedang thunder 125 menggunakan Mikuni VM 26.
4.Menggunakan Spul pengapian yang sesuai dengan type Dirt Bike yang biasanya bermain pada putaran bawah hingga menengah.
5.NILAI KOMPRESI.
Nilai kompresi DRZ 125 / L adalah 9,5 : 1 dan Thunder 125 sekitar 9,2 :1 .
Untuk lebih jelas mengenai kedua produk tersebut maka berikut kami berikan spesifikasi dari masing masing motor tersebut.
Dari
spesifikasi diatas dapat kita lihat bahwa thunder 125 dan DRZ 125 / L
memiliki perbedaan kompresi yang tidak jauh berbeda meski tidak dapat
dikatakan sama.Perbedaan kompresi memang akan sangat berpengaruh pada
setiap power kendaraan namun dampak buruknya juga ada.Salah satu dampak
buruk kompresi yang tinggi adalah kemungkinan terjadinya detonasi yang
akan berakibat pada mudah rusaknya komponen komponen yang terkait dan
kerugian bahan bakar yang boros akibat dari tidak dapat terbakarnya
bahan bakar secara benar.Thunder 125 sendiri dirancang agar dapat
bertahan hingga puluhan tahun dan irit bahan bakar ,itulah sebabnya
nilai kompresipun tidak dipatok terlalu tinggi.
5.BOBOT
Untuk bobot sendiri keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh dimana Thunder 125 memiliki bobot sekitar 127 kg sedang DRZ 125 / L hanya memiliki bobot sekitar 80 – 89 kg.Bobot yang lumayan berat inilah yang merupakan salah satu penyebab dari kurang responsifnya Thunder 125 dalam berakselerasi.Namun meski demikian bukan berarti ini merupakan kekurangan dari thunder 125, justru menurut saya hal ini merupakan kelebihan,kenapa ? Karena dengan bobot yang lumayan berat ini motor akan lebih stabil serta tidak limbung dan goyang dalam putaran putaran atas (Bandingkan dengan motor – motor yang memiliki CC yang sama dengan Thunder 125 namun dengan bobot yang lebih ringan pada putaran tinggi ).
Perlu
diketahui bahwa diluar dari perbedaan- perbedaan yang paling mencolok
diatas hampir seluruh bagian mesin DRZ 125 / L dan Thunder 125 memiliki
kesamaan baik itu dari piston,ring,bore,stroke dan lain lainnya.
Kemudian
selain dari type DRZ 125 yang memiliki persamaan yang sangat
signifikan,ada pula Suzuki Maruder 125.dimana motor inipun memiliki
basis yang sama dengan suzuki thunder125.
Perbedaan yang mencolok hanya pada :
2.Menggunakan
karburator Mikuni VM 22 dengan main jet 102 dan pilot jet 35 dan /atau
mikuni VM 26 sedang Thunder 125 th 2010 menggunakan Mikuni VM 26
dengan main jet 107,5 dan pilot jet 12,5.Ditahun yg agak lama Thunder
menggunakan main jet 110 dan pilot jet 12,5.
Karburator Thunder 125
3.Design rangka yang terdapat sedikit perbedaan.
Untuk lebih jelas mengenai kedua produk ini coba lihat spesifikasi keduanya.
Dari
penjelasan diatas dapat kita lihat bahwa suzuki thunder 125 memiliki
kesamaan dengan motor – motor tersebut diatas,lantas apa keuntungannya
bagi pengguna suzuki thunder 125 sendiri Mr.Blank ?
jawabnya adalah :
1.Karena
versi – versi diatas dipasarkan keseluruh dunia maka secara otomatis
Sparepartnyapun tersedia diseluruh dunia hingga anda tidak perlu
khawatir akan kesulitan dalam mendapatkannya.Untuk pencarian anda dapat
menggunakan kata kunci EN 125 ,DRZ 125 ,MARAUDER 125 atau GN 125.
2.Kita
relative dapat dengan cepat dan mudah merubah -rubah design maupun
karakter mesin sesuai dengan keinginan kita atau merubah image motor
kita menjadi image yang berbeda.contoh misalnya bila kita ingin merubah
Thunder 125 menjadi DRZ 125 L atau Marauder 125 sesuai aslinya,maka
kita dapat memesan produk tersebut disitus situs yang menjual parts
maupun aksessori motor tersebut.Namun sebagai catatan,untuk merubah
Thunder 125 menjadi DRZ 125 perlu penambahan dudukan shock pada bagian
bawah tangki karena DRZ 125 menggunakan monoshock.Namun tak perlu
khawatir akan hal ini karena pihak Suzuki sendiri telah menyediakan
ruang atau tempat untuk dudukan tersebut,coba anda buka jok dan tangki
anda lalu perhatikan baik baik diantara sambungan rangka.disitu anda
akan melihat bahwa dari tulang rangka depan keujung belakang tulang
tersebut ada lebihan besi yang menjorok keluar.lebihan besi tersebut
adalah tempat meletakkan dudukan / pangkon shock bila kita ingin
menjadikannya monoshock.
Yang
jadi pertanyaan bagaimana dengan kotak filter udaranya ? caranya
mudah,anda dapat memesannya disitus – situs yang menjual part DRZ 125
atau merubahnya sedikit dengan cara menggesernya kebelakang dengan
mengorbankan atau mengganti spatbor penutup bagian bawah.
Sedang untuk karet manifold atau karet penghubung antara moncong karburator dengan kotak filter anda dapat menggunakan karet RM 125 atau TS 125.Yah ga sama persis sih tapi dapat dipasang dengan sedikit modifikasi.
3.Dapat
memiliki jalinan dengan seluruh club thunder maupun club Marunder,DRZ
,GN dan lain sebagainya diseluruh dunia yang rata rata menyukai touring
maupun modifikasi kendaraan mereka.
Rahasia 2.
Keunggulan SIRIP UDARA dan PAIR ( PULSED SECONDARY AIR INJECTION SYSTEM ) .
Selain unggul dari sisi bahan bakar yang irit ( 1 liter per 60 hingga 65 Km dengan kondisi standar,setelan angin 3 x 360 derajat ),dan body yang stabil,Suzuki Thunder 125 juga memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh kendaraan sejenis .
Ketika pembakaran terjadi , panas yang dihasilkan akan menyebar keseluruh bagian mesin.Panas tersebut apabila tidak segera lepas maka akan mengakibatkan motor menjadi over heating yang tentu saja akan merusak mesin tersebut. Bagian mesin yang menghasilkan panas terbesar tentu saja adalah ruang bakar oleh karena itu bagian tersebut perlu pendinginan ekstra dibanding bagian lain. Pendinginan ruang bakar banyak macamnya antara lain radiator air ,radiator oli, kipas ,sirip –sirip angin dan lain sebagainya. Disuzuki thunder sendiri pendinginan ruang bakar menggunakan sirip angin . Sirip angin ini berfungsi untuk mengurai panas yang muncul akibat proses pembakaran yang kemudian dilepaskan dengan bantuan terpaan angin.Semakin lebar sirip angin maka akan semakin cepat proses pendinginan tersebut terjadi.Nah disinilah salah satu keunggulan dari Thunder 125.jika kita jeli maka kita akan melihat dari rata-rata motor yang beredar khususnya diindonesia tidak ada yang memiliki sirip –sirip angin selebar Thunder 125.Pada Thunder 125 Lebar sirip – sirip angin berkisar antara 2,5 hingga 3,2 cm,sungguh sangat lebar. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi Para Rider thunder yang sering melakukan touring atau perjalanan jauh karena suhu mesin akan tetap stabil meski tidak menggunakan radiator.
JALUR ANGIN DALAM PENDINGINAN BLOK MESIN
Selain dari Sirip angin yang super lebar,Thunder juga memiliki perangkat lain yang tak kalah penting yaitu PAIR.Namun sayang banyak dari pengguna Thunder 125 kurang mengetahui kehebatan dari 2 komponen penting tersebut ( Sirip angin dan PAIR ),hingga tak jarang ada yang tidak mengunakan komponen PAIR khususnya karena dianggap tidak memiliki pengaruh pada tingkat laju motor atau pada kondisi motor itu sendiri.
Selain dari Sirip angin yang super lebar,Thunder juga memiliki perangkat lain yang tak kalah penting yaitu PAIR.Namun sayang banyak dari pengguna Thunder 125 kurang mengetahui kehebatan dari 2 komponen penting tersebut ( Sirip angin dan PAIR ),hingga tak jarang ada yang tidak mengunakan komponen PAIR khususnya karena dianggap tidak memiliki pengaruh pada tingkat laju motor atau pada kondisi motor itu sendiri.
Keunggulan tersembunyi yang terkadang terabaikan
Perlu diketahui bahwa sebenarnya tehnologi PAIR adalah tehnologi yang dibuat guna meminimalisir racun yang dihasilkan oleh sisa pembakaran.Teknologi ini bukan saja diaplikasikan pada kendaraan roda dua semata melainkan juga pada kendaraan roda empat pula.Namun pada kendaraan roda dua khususnya Thunder ,selain untuk meminimalisir racun sisa pembakaran ternyata alat ini juga berfungsi untuk mendinginkan blok mesin pula.Alasannya sederhana,dengan bantuan alat tersebut angin dingin yang berasal dari filter udara dan karburator diinjeksikan kelubang pembuangan agar udara yang keluar dari knalpot lebih bersih.Tekanan angin dingin yang dihasilkan oleh injeksi tadi akan melewati pipa yang terhubung langsung dengan blok silinder.Karena udara yang melewati pipa tersebut dingin,maka otomatis pipa tersebut akan dingin pula.suhu dingin ini pelahan akan merambat menuju blok silinder yang juga menjadi dingin karena terkena semburan angin yang diinjeksikan tersebut.jadi sederhananya ,komponen PAIR yang ada dithunder memberikan keuntungan ganda .Bagaimana ? setuju ?
Diagram Air Injection pada Thunder 125
RAHASIA 3.
Sipelari bertenaga badak yang tersembunyi.
Dibalik Karakternya yang smooth namun tegas,Thunder 125 ternyata memiliki potensi yang tidak bisa dipandang enteng .Namun sayang banyak para riders Thunder sendiri yang tidak menyadari potensi besar yang dimilikinya.Rasa haus akan speed maupun performa tak jarang membuat para riders Thunder mengganti segala macam part yang ada agar bisa mendapatkan semua itu..Dari hasil pengamatan saya selama berbulan – bulan Kebanyakan dari para riders thunder 125 cendrung mengganti karburator mereka dengan alasan bahwa inilah penyebab dari kurangnya speed maupun power dari thunder.Sebagian lagi ada yang mengganti coil,cdi bahkan spul pengapian mereka.Benarkah hal tersebut? jawab saya bisa ya bisa tidak. Kenapa ? karena dengan beberapa alasan tertentu penggantian semua part tersebut memang perlu,namun kalau cuma ingin meningkatkan performa standar menjadi lebih bertenaga dan cukup ganas,maka penggantian tersebut saya rasa tidak terlalu perlu dilakukan karena dari penelitian yang saya lakukan ternyata pihak suzuki ( meskipun tidak secara langsung) dalam merancang produk ini benar –benar telah mempersiapkan kebutuhan para ridersnya untuk keperluan tertentu,misalnya untuk keperluan sehari – hari,turing,menaklukkan jalan berlumpur bahkan untuk kebut – kebutan.Tapi tentu saja harus diutak utik sendiri untuk mendapatkannya.buktinya ? silahkan ikuti ulasan saya lebih lanjut .
1.PANJANG STROKE
Syarat utama untuk menjadi seorang pelari atau petarung tentulah harus memiliki tenaga mumpuni dan langkah yang cepat.kenapa ? karena semakin cepat langkah maka semakin cepat pula speednya.Logikanya begini , Semakin pendek langkah atau stroke suatu kendaraan maka perputaranpun akan semakin cepat dikarenakan jarak pergerakan lebih dekat. memang semuanya tidak lepas dari keterkaitan antara komponen satu dengan yang lainnya,namun tak dapat dipungkiri bahwa dengan semakin pendeknya langkah maka akan menghasilkan kinerja yang cepat pula. Nah ! thunder 125 sendiri berdasarkan spesifikasinya memiliki Stroke atau langkah 48,8 mm.Langkah ini bisa dikatakan paling pendek diantara motor motor konvensional lainnya.contohnya : pada Yamaha Byson bore & Strokenya adalah 58.0 x 57.9 mm , Scorpio z : 70 x 58 mm ,Jupiter MX : 54.0 x 58.7 mm ,Vixion : 57.0 x 58.7 mm ,Vega R : 51.0 x 54.0 mm , Vega ZR : 50 x 57.9 mm , Tiger : 63,5 x 62,2 mm , mega pro : 57,3 x 57,8 mm,dan lain sebagainya hanya Honda cs 1 yang memiliki langkah yang hampir sama dengan thunder yaitu 47.2 mm.
Langkah
yang pendek ini sebenarnya adalah salah satu modal besar bagi motor –
motor pelari atau petarung.Hal ini dikarenakan dengan langkah yang
pendek maka putaran mesinpun semakin cepat yang tentu saja akan
menghasilkan tenaga yang besar pula. Sebagai bahan pembanding maka mari
kita lihat beberapa spesifikasi dari beberapa motor pelari atau
petarung yang ada.
Dari
beberapa spesifikasi diatas dapat kita lihat bahwa semua motor motor
dengan spek racing memiliki langkah langkah yang pendek ,tidak ada yang
melewati angka 50.dan yang cukup mengagetkan adalah ternyata thunder
125 sendiri memiliki panjang langkah yang sama dengan Satria FU 150 dan
siphenomenal GSX 750 R yang nota benenya adalah motor yang memiliki
kecepatan yang luar biasa.Hal ini cukup aneh karena Thunder 125 dibuat
bukan untuk kebut –kebutan tapi untuk keperluan sehari hari makanya
konsumsi bahan bakarpun dibuat sangat irit,namun mengapa langkahnya
dibuat sedemikian rupa ? hal ini tentu saja berkaitan dengan apa yang
sudah saya sebutkan diatas bahwa pihak Suzuki telah meletakkan beberapa
fasilitas tersembunyi layaknya seperti ” hidden code “ pada permainan
games,tinggal dari bagaimana kita menyikapi hal tersebut.
2.OVER CARBURETOR
Bagian lain yang menjadi “ hidden code “ dari Thunder 125 adalah diameter karburatornya yang besar.Diameter karbu ini sangat besar bila dibandingkan dengan karburator motor lain yang bervolume silinder sama dengan thunder yakni 125 cc,dimana rata- rata menggunakan diameter 18 hingga 22.Justru yang lazim menggunakan karburator berdiameter 26 ini rata – rata adalah motor motor yang bervolume silinder 150 cc.
Dalam
kebiasaanya bila sebuah motor kebesaran karburator maka akan berakibat
turunnya kinerja dari motor tersebut.Bila karburator tersebut
dimasukkan pilot jet dan main jet kecil maka akan berakibat kurusnya
bahan bakar yang berdampak pada rendahnya tenaga yang dihasilkan.sedang
bila karburator tersebut dimasukkan pilot jet dan main jet besar maka
tenagapun akan drop kecuali jika pengapian yang dihasilkan cukup besar
hingga dapat membakar habis bahan bakar yang ada,namun biasanya,dalam
bukaan gas yang cepat akan terjadi lag atau keterlambatan pembakaran.
Thunder
125 menggunakan karburator Mikuni VM 26 dengan main jet 110 dan pilot
jet 12,5 pada keluaran-keluaran terdahulu,sedang keluaran terbaru
menggunakan main jet 107,5 dan pilot jet 12,5.Hal ini cukup menarik
karena disamping diameter karburator thunder 125 sama dengan satria Fu
yang ber cc 150,main jetnyapun sama dengan Yamaha scorpio yang
menggunakan karburator Mikuni BS 30 dengan main jet 110 dan pilot jet
17,5 padahal seperti yang kita ketahui bersama bahwa Yamaha Scorpio
mempunyai volume silinder sebesar 225 cc lantas mengapa Thunder 125
menggunakan main jet sebesar itu ? Bingung ???.Jadi menurut saya dengan
penggunaan karburator yang besar ini adalah sangat wajar bila Thunder
125 memiliki tenaga yang kurang baik apalagi pada pendakian.
SPESIFIKASI SATRIA FU 150
SPESIFIKASI SCORPIO 225
Kalau begitu apakah pihak Suzuki salah dalam membekali thunder 125 dengan karburator yang besar ini ? Saya jawab tidak ! karena pihak Suzuki sendiri memang merancang produk ini lebih menonjolkan sisi efesiensi bahan bakar,kenyamanan dan gaya dan bukan pada speed maupun yang lainnya.Namun sekali lagi saya katakan bahwa produk ini memiliki " hidden code "yang harus kita buka guna mendapatkan speed maupun power yang kita inginkan,dan salah satu” hidden code” tersebut adalah karburator yang besar ini.
Mungkin anda pernah mendengar atau membaca dalam beberapa artikel diinternet tentang beberapa surfer yang menjual blok silinder thunder 125 yang siap pasang menjadi 150 cc.Menurut infonya produk tersebut asli dari Suzuki.Nah diapun mengatakan bahwa memasang blok tersebut tidak perlu merubah apa-apa alias P & P.Jadi kalau memang benar demikian maka dapat kita simpulkan bahwa memang Suzuki sendiri telah meletakkan” hidden codenya” dimotor ini.Namun bila tidak,maka andapun tidak akan kesulitan dan mengeluarkan biaya besar dalam merubah volume silinder motor ini menjadi 150 cc karena karburatornya telah dipersiapkan duluan oleh pihak Suzuki yakni Mikuni VM 26 tersebut. Bagaimana ? Enakkan ???
Salah satu dari Brothers Thunder yang berhasil membuka " Hidden Code " Thunder 125 |
Dan sebagai penutup berikut saya beberkan cara meningkatkan power maupun speed thunder 125 dengan hanya bermodal lem castol.Sulit dipercaya memang namun saya telah membuktikannya sendiri dibelahan bumi kalimantan yang terkenal dengan jalannya yang banyak mendaki dan berkelok.semoga bermanfaat.
Salam Thunder.
Merubah Thunder 125 menjadi penakluk Gunung dan cepat berakselerasi.
Sebelum saya lanjutkan tulisan ini perlu saya sampaikan bahwa perubahan yang akan dilakukan nanti adalah perubahan dari thunder 125 dengan spesifikasi standar menjadi motor yang lebih kuat untuk menaklukkan gunung maupun cepat dalam berakselerasi dan bukan motor yang telah dirubah hingga keluar dari spesifikasi standarnya.Ini dimaksudkan agar para riders Thunder yang baru menggunakan Thunder atau tidak memiliki dana cukup untuk merubah atau tidak ingin merubahnya sama sekali dengan penggantian part dapat menikmati kemampuan tersembunyi yang ada pada Suzuki thunder 125.
Perlu diketahui bahwa trik yang akan saya paparkan nanti adalah trik
yang terlebih dahulu telah saya uji selama 1 bulan dengan menggunakan
Thunder 125 keluaran maret 2010.Jadi kemungkinan akan ada sedikit
perbedaan tenaga maupun akselerasi dalam pengaplikasiannya dengan
thunder keluaran yang lebih lama.Ini dikarenakan kemungkinan adanya
penurunan kompresi dari motor – motor yang lebih lama karena usia pakai
dan lain sebagainya.Disamping itu terdapat adanya perbedaan spesifikasi
pengapian dimana pada thunder lama menggunakan Transistor sedang yang
terbaru menggunakan CDI.Perbedaan lainnya adalah penggunaan main
jet,dimana pada thunder lama menggunakan main jet 110 sedang thunder
dengan tahun yang lebih baru menggunakan main jet 107,5.Agar tidak
bertele tele simak saja trik berikut ini.
Langkah 1.
Buka cover samping kiri dibawah jok anda dan disitu akan langsung terlihat kotak fiter udara.
Langkah 2.
Buka 3 baut lubang masuk angin lalu cabut keluar maka akan Nampak pipa yang memanjang.perhatikan baik – baik pipa tersebut,disitu ada dua garis yang masing masing melingkari pipa tersebut.Ambil alat pemotong ( sebaiknya gergaji besi biar tampak rapi ) lalu potong pada garis yang paling dekat dengan lubang masuk angin.
Langkah 3.
Setelah pemotongan jalur angin maka kita lanjut dengan filter udara.Buka 3 baut yang ada dikotak saringan udara lalu cabut keluar.disitu akan Nampak busa filter.keluarkan busa tersebut dari tempatnya atau dari dudukannya.
Ukur dan potonglah ujung tempat dudukan busa filter tersebut sekitar 4 cm,jangan lebih karena akan keluar dari setelan karburator yang akan kita setel nanti.Setelah terpotong rangkaikan kembali dengan lem castol seperti terlihat pada gambar.
Setelah pemotongan jalur angin maka kita lanjut dengan filter udara.Buka 3 baut yang ada dikotak saringan udara lalu cabut keluar.disitu akan Nampak busa filter.keluarkan busa tersebut dari tempatnya atau dari dudukannya.
Ukur dan potonglah ujung tempat dudukan busa filter tersebut sekitar 4 cm,jangan lebih karena akan keluar dari setelan karburator yang akan kita setel nanti.Setelah terpotong rangkaikan kembali dengan lem castol seperti terlihat pada gambar.
Setelah dirangkaikan kembali maka otomatis panjang dari dudukan filter tersebut akan berkurang sekitar 4 cm.
Langkah 4.
Setelah merangkai dudukan busa filter tersebut maka sekarang potonglah busa filternya sepanjang 4 cm pula.
Karena
telah terpotong otomatis bagian atas dari filter tersebut akan
bolong,untuk itu kita perlu menutupnya kembali dengan cara mengambil
bagian atas atau bagian penutup filter tersebut.
Setelah semuanya siap maka tutuplah lubang diatas filter yang dipotong dengan cara merekatkannya dengan menggunakan lem castol.Usahakan lem benar – benar rata dan kering sebelum merekatkan antara satu bagian dengan bagian yang lain.Ini untuk menghindari agar apa yang telah direkatkan tadi tidak lepas akibat tarikan angin dari karburator yang juga mengandung bensin hingga mengurangi daya rekat lem tersebut.
Sekarang senjata baru anda telah siap untuk dicoba,pasanglah kembali seperti sediakala kedalam rumah filter.
Setelah
semuanya terpasang maka yang perlu kita lakukan lagi hanyalah menyetel
karburator.Untuk mendapatkan power dan akselerasi yang baik maka perlu
melakukan penyetelan angin karburator.penyetelan angin ini berbeda beda
menurut kondisi mesin.dalam uji coba yang saya lakukan,setelan angin
dengan memakai pilot jet 12,5 dan main jet 110 adalah 3,5 x 360
derajat.Caranya adalah dengan memutar setelan angin searah jarum jam
atau kearah dalam lalu putar keluar berlawanan arah jarum jam sebanyak
3,5 atau 4 lingkaran penuh.Bila anda ingin mendapatkan power lebih anda
bisa memakai setelan 3 atau 3 setengah lingkaran saja.namun agak kurang
enak dalam putaran bawah namun ganas dan power ngisi terus diputaran
atas.
Catatan : Bila motor anda memakai main jet 107.5 maka busa yang
dipotong adalah 3 cm dengan setelan putaran angin 3 lingkaran penuh.
Namun dari uji coba yang saya lakukan dengan memakai main jet 107,5
tersebut top speed hanya mencapai 120 km saja serta power hanya berada
sekitar 12 hingga 12,8 hp saja.Namun bila anda menggunakan main jet 110
dengan pilot jet 12,5 maka tenaganya akan naik sekitar 14,2 hingga 15
hp.Bayangkan dengan hanya berbekal 125 cc saja tenaga thunder 125 dapat
melewati tenaga motor yang ber cc 150 seperti Vixion yang cuma bertenaga
14,88 ps,satria fu 16,7 ps,yamaha byson 13,73 ps,new mega pro 13,7
ps.Namun yang perlu diketahui bahwa besaran power atau ps tidak menjamin
motor tersebut dapat berlari kencang.
selamat mencoba.
Tips lain : gunakan pertamax untuk mendapatkan power yang maksimal
serta gunakan oli yang sesuai.dalam uji coba saya menggunakan oli mesin
prima XP ,sedang bahan bakar memakai 2 jenis bahan bakar yaitu pertamax
kemudian premium.hasilnya dengan menggunakan pertamax sangat
memuaskan.tenaga dapat,bahan bakar cukup irit.
Untuk mendapatkan top speed hingga 140 km gunakan gir belakang 36 atau
38 kemudian turunkan clip jarum skep keposisi paling bawah , setelan
angin 3 x 360 derajat .Dari uji coba yang saya lakukan dengan memakai
gir standar saja,gigi 3 nya maksimal mampu menembus angka 90 km /
jam,sedang gigi 4 nya maksimal mampu menembus angka 110 km dengan
bergoncengan.cuma bensin rada boros berkisar antara 1 L / 30 km hingga
1 L / 35 km .
Sebenarnya masih sangat banyak trik yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan power dan speed motor ini.Namun tentu saja dengan penggantian part standar dengan part yang lain serta dengan meningkatkan volume silinder menjadi 150 hingga 250 cc,Namun tentu saja semuanya kembali kepada kantong brothers semuanya,sebab biayanya juga akan membengkak.Namun yang pasti dengan 125 cc saja Thunder udah sangat cukup kuat dan irit kok untuk segala macam aktivitas kita,dan tentu saja ga kalah sama yang lain.Buktikan aja!!!
Sebenarnya masih sangat banyak trik yang dapat dilakukan untuk lebih meningkatkan power dan speed motor ini.Namun tentu saja dengan penggantian part standar dengan part yang lain serta dengan meningkatkan volume silinder menjadi 150 hingga 250 cc,Namun tentu saja semuanya kembali kepada kantong brothers semuanya,sebab biayanya juga akan membengkak.Namun yang pasti dengan 125 cc saja Thunder udah sangat cukup kuat dan irit kok untuk segala macam aktivitas kita,dan tentu saja ga kalah sama yang lain.Buktikan aja!!!
Salam Thunder.
NOTE :
Beberapa link video thunder 125 yang dapat berlari diatas 135 km / jam hingga 150 km / jam
http://www.youtube.com/watch?v=VrKl5K1j35k&feature=related
link
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !