Headlines News :
Home » » Siswa SD Baca Koran Massal Untuk Memperingati Hari Pers Nasional,

Siswa SD Baca Koran Massal Untuk Memperingati Hari Pers Nasional,

Written By jariliar on Saturday, February 8, 2014 | 5:13 PM

Peringati Hari Pers Nasional, Siswa SD Baca Koran Massal

Agus Sigit | Jumat, 7 Februari 2014 | 17:19 WIB | Dibaca: 130 | Komentar: 0
Siswa sibuk membaca koran pada peringatan Hari Pers Nasional, Jumat (7/2). (Foto: Galih)


BOYOLALI (KRjogja.com) - Siswa SDN Randu, Kecamatan Cepogo, Boyolali, tampak sibuk membaca koran di Halaman sekolah, Jumat (7/2), sebagian dari mereka masih mengeja per kata dengan keras. Sementara yang sudah lancar membaca tampak tekun komat-kamit melafalkan yang tertulis di koran. Lembar demi lembar koran mereka balik dengan susah payah, karena tangan mereka masih terlalu kecil. Kegiatan membaca koran secara massal tersebut digelar untuk memperingati Hari Pers Nasional yang akan jatuh pada 9 Februari besok.

Kepala Sekolah SDN Randu, Sri Dadiyo mengatakan, selain sebagai bentuk apresiasi siswa pada kerja jurnalistik, kegiatan ini juga dilakukan untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak dini. Dipaparkanya, dunia jurnalistik tak berbeda jauh dengan kegiatan belajar di sekolah, yakni sama-sama mensyaratkan kemampuan baca dan tulis.

Pembelajaran dengan metode jurnalistik juga sedikit banyak diterapkan di sekolah tersebut, sebagai salah satu metode pembelajaran baca tulis. "Yang jelas, kebiasaan membaca sejak dini mempunyai pengaruh yang positif dalam perkembangan anak-anak," katanya.

Untuk itulah, imbuh Dadiyo, pihaknya mengadakan kegiatan peringatan Hari Pers Nasional untuk mengenalkan anak didiknya dengan dunia jurnalistik. Diharapkan, jika para siswa mengenal lebih dekat dengan dunia kewartawanan, hal itu akan memacu semangat belajar siswa, sekaligus mengenalkan siswa untuk berpikir kritis pada lingkup sosial dan lingkungan di sekitarnya.

Misya Ayu Sariastuti (9), siswi kelas 4 SDN Randu mengatakan, ia jarang membaca koran dan lebih suka membaca komik, karena lebih menghibur. Tapi kegiatan membaca Koran bersama-sama di alam terbuka membuatnya gembira, karena itu adalah pengalaman baru baginya. "Ya senang karena tadi belajar tapi rasanya seperti sedang bermain," katanya lugu.

Selain membaca massal, puluhan siswa SD juga membawa poster yang berisi ekspresi ungkapan selamat hari pers pada insan jurnalistik. Di akhir kegiatan, dilakukan pemberian bunga mawar oleh seorang anak SD kepada para wartawan yang hadir meliput acara tersebut. "Selamat Hari Pers Nasional!" teriak para siswa bersama-sama. (*-9)




 

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

INFO MOBIL TERBARU 2023 KLIK

KiosTOP

KiosTOP
VOUCHER FREE

Aplikasi TOP

Aplikasi TOP
Tips Trick

KiosTop

KiosTop
Online Shop

Cek Resi Pengiriman

BATU MULIA LANGKA

BATU MULIA LANGKA
Klik gambar : Mudah,Aman,Terpercaya

Ramalan Cuaca


counter

Iklan FB

Mau Jadi Admin ATM...???

Mau Jadi Admin ATM...???
Klik Gambar..Kereeen..
RAHASIA 100% GRATIS>>Salam Sukses

Translate

Wikipedia

Search results



Enter a long URL to make tiny:



 
Support : Promo Free | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JARI LIAR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Petualang Online
Proudly powered by Blogger